jump to navigation

Servis Harddisk Part 2 February 6, 2011

Posted by gilangkanigara in Komputer, Miscellaneous.
Tags: , ,
trackback

Akhirnya kemarin saya balik lagi ke tempat servisnya buat nanya kenapa HDD saya tetep gak bisa nyala. Ternyata, pas dicoba di sana, gak ada masalah sama sekali dengan HDD nya. Bahkan kata Mbak-nya, malah beberapa hari yang lalu dipake buat nonton Kung-Fu Hustle.

Menurut yang benerinnya, mungkin permasalahannya ada di kabel power yang nancep ke konektor HDD. Setelah diliat, emang ada perbedaan sedikit di kabel punya saya sama kabel punya tempat servisnya. Kabel mereka sedikit lebih sempit lubangnya dari kabel saya. Jadinya, setelah itu saya langsung cari kabel yang modelnya sama kayak kabelnya tukang servis. Pas udah dapet, ternyata HDD saya masih tetep gak nyala juga. Aduh, saya jadi agak stress. Masa HDD nya gak mau nyala sama saya?

Habis itu, saya coba-coba ngetes kabel adaptor ke HDD IDE punya saya. Tidak nyala. Saat itu, akhirnya saya menyimpulkan bahwa sebenarnya kabel adaptor saya yang rusak, bukan HDD atau kabel power SATA-nya. Tapi, agak anehnya, kabel adaptornya dulu pernah dicoba di HDD IDE dan gak ada masalah. Baru sekarang, masalahnya muncul.

Berarti, saya harus beli lagi satu set USB to SATA. Gak mungkin kan ada yang jual kabel adaptornya aja? Kalo harganya sekitar Rp 70,000, berarti total pengeluaran buat HDD adalah Rp 220,000. Mahal banget ya, padahal bukan HDD-nya yang rusak. Yah, tapi mau gimana lagi? Nasi sudah jadi bubur. Karena besok saya gak ada jadwal kuliah, jadi kayaknya saya akan beli kabelnya hari selasa. Semoga aja semua masalahnya bisa selesai.

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: