jump to navigation

Review Film Scooby Doo March 15, 2010

Posted by gilangkanigara in Miscellaneous.
trackback

Scooby Doo Poster

SINOPSIS

Cerita dimulai ketika tim Mystery Inc memecahkan sebuah kasus. Ketika para wartawan datang Fred mengaku bahwa keberhasilan tim memecahkan misteri tersebut disebabkan oleh idenya. Velma yang sebenarnya telah membuat ide tersebut marah kepada Fred. Pertengkaran tersebut juga membuat Daphne ikut terseret karena dia selalu tertangkap hantu. Akhirnya pertengkaran tersebut berbuntut perpecahan grup Mystery Inc. Shaggy dan Scooby pun tidak dapat menghentikan perpecahan tersebut dan tinggal berdua di dalam mobil van Mystery Inc.

Beberapa minggu kemudian, Shaggy dan Scooby mendapat surat undangan dari Emile Mondavarious untuk memecahkan misteri di Spooky Island. Ternyata selain Shaggy dan Scooby, Emile telah mengundang anggota Mistery Inc yang lain, walaupun masih memiliki ego mereka masing-masing. Dan grup Mystery Inc pun terbentuk kembali.

Kasus yang mereka hadapi adalah kasus perubahan sikap anak-anak muda yang berubah drastis setelah menginap di Spooky Island. Setelah melakukan banyak penyelidikan, ternyata diketahui bahwa Emile sendirilah yang membuat anak-anak muda tersebut menjadi aneh dan dia mengundang Scooby untuk mendapatkan jiwanya yang murni. Scooby yang merasa tidak diperhatikan oleh Shaggy karena lebih mementingkan pacarnya menerima ajakan palsu Emile.

Shaggy pun sadar bahwa sahabatnya itu sangat penting dan berusaha menyelamatkan Scooby dari Emile sementara tim Mystery Inc lainnya berusaha menyelamatkan para remaja dari pengaruh iblis yang dipanggil oleh Emile. Dan pada akhirnya, para remaja itu dapat diselamatkan dan diketahui bahwa Emile adalah Scrappy Doo yang menyamar menjadi Emile palsu dan berencana untuk membalas dendam kepada grup Mystery Inc yang telah membuangnya di tengah jalan. Selain itu, persahabatan antar anggota pun telah terjalin kembali dengan bersedianya Fred untuk mempersilahkan Velma menjelaskan semua ide-idenya kepada wartawan.

KOMENTAR PAKAR

Komentar oleh Jamie Russell (BBC Films) :

Sutradara Raja Gosnell telah berbuat semampunya untuk membuat film Scooby-Doo terpercaya. Kostum-kostum yang dipakai sangat tepat, Shaggy dan Velma adalah imitasi yang sangat akurat, dan juga ada referensi terhadap kebiasaan merokok Shaggy yang agak meragukan, dan tentu saja cemilan Scooby.

Satu-satunya masalah adalah CGI. Menyatukan anjing hasil buatan komputer dengan adegan nyata tidak memenuhi aturan konsep. Di samping itu, dengan adanya jalan cerita yang kompleks dan beberapa lokasi Spooky Island yang sangat jelek (lengkap dengan masyarakat voodoo dan kumpulan remaja yang terlihat baru melarikan diri dari film gulat Meksiko) tidak membuat film ini menarik.

Seperti versi kartun, momen yang terbaik tentu saja yang memuat Scooby dan Shaggy – kontes kentut dan sendawa dengan dan adegan di mana keduanya melindungi diri mereka masing-masing dari serangan saus terbang – yang dijamin akan membuat anda tersenyum. Tapi anda akan terus berpikir bahwa film ini akan sangat bagus jika tidak disatukan dengan efek CGI yang jelek.

KOMENTAR SAYA

Film ini cukup menghibur dan mempunyai pesan bahwa persahabatan itu sangat penting dan tidak bisa digantikan dengan yang lain. Tetapi, menurut saya sifat karakter-karakter yang berada di film ini agak berbeda dengan sifat karakter kartun. Seperti Fred, di versi kartun, Fred mempunyai sifat yang lebih kalem dan tidak bertindak terlalu mengetuai anggota yang lain. Daphne di versi kartun tidak terlalu menunjukkan bahwa dirinya dulu adalah selebriti SMA. Dan yang paling berbeda adalah Scrappy. Di versi kartun, dia adalah keponakan Scooby yang sering membantu penyelidikan, tidak takut kepada semua hantu, dan salah satu tokoh protagonis. Sedangkan di film ini malah Scrappy yang menjadi tokoh antagonis utama.

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: