jump to navigation

Yanto The Series – Prolog March 12, 2010

Posted by gilangkanigara in Yanto - The Series.
trackback

Nama lengkapku Agus Ryandi Putera, nama yang terdengar gagah dan aku bangga menyandangnya. Teman-temanku memanggilku Yanto. Mengapa nama panggilanku sangat berbeda dengan nama asliku? Sabar dulu, nanti pasti kuceritakan asal-usulnya. Yang pasti, ada sesuatu yang sangat penting yang menyebabkan aku dipanggil dengan nama tersebut.

Hari itu, adalah hari pertama aku menginjakkan kakiku di Universitas Gunadarma. Well, sebenarnya untuk masalah menginjakkan kaki, aku sudah pernah sebelumnya datang ke sini untuk melihat-lihat dan mendaftar. Tapi, kali ini berbeda. Aku berada di sini dengan status mahasiswa. Status yang bagi sebagian orang adalah status yang sangat dibanggakan. Orang-orang yang menyandang status tersebut memikul tanggung jawab besar untuk memajukan negeri kita ini. Buatku, sih, aku tidak begitu peduli dengan pendapat orang-orang tersebut. Aku hanya merasa lega karena bisa terlepas dari masa-masa suram ketika hendak menghadapi UAN sekaligus karena sudah tidak lagi diwajibkan memakai seragam, tapi tidak untuk hari ini.

OSPEK, sebuah singkatan yang menjadi momok menakutkan bagi banyak siswa, karena tidak bisa dipungkiri lagi banyak oknum yang menyalahgunakan fungsi sesungguhnya OSPEK yang bertujuan untuk membuat para siswa baru mengenal seluk-beluk sekolah atau kampus yang akan mereka masuki. Sudah banyak kulihat di Televisi, koran, internet dan media lainnya, banyak siswa yang masuk rumah sakit, atau bahkan liang lahat karena ulah kejam para senior yang tidak segan-segan melakukan kekerasan fisik terhadap para juniornya. Seringnya, alasan mereka melakukan itu agar para junior tidak sengak terhadap senior mereka, tapi sebenarnya alasan mereka itu adalah balas dendam karena telah diperlakukan hal sama ketika OSPEK dulu atau karena mereka memang senang menindas orang-orang lemah.

Momok menakutkan itupun sekarang hinggap di dadaku. Bagaimana tidak, di hari pertama OSPEK, aku sudah telat karena dengan bodohnya, tanda pengenal yang sudah kubuat tadi malam ketinggalan begitu saja di rumah. Alhasil, aku pun harus pergi ke warnet untuk membuatnya kembali. Tidak mudah mencari warnet di jam-jam segini, apalagi aku masih belum familiar dengan wilayah ini. Setelah selesai membuatnya, aku pun bergegas menuju kampus, tapi sialnya, tetap saja terlambat. Untungnya, bukan hanya aku yang terlambat. Aku pun melihat dengan cermat pita yang mereka gunakan di lengan kanan mereka, apakah ada yang berwarna putih seperti yang kupakai saat ini. Ternyata tidak ada, kuasumsikan sepertinya hanya aku saja mahasiswa fakultas sastra yang terlambat. Seorang senior akhirnya angkat bicara. Ia menggunakan almamater Gunadarma yang menurutku terlihat aneh dipakai oleh seseorang yang bertubuh pendek sepertinya. Menurutku, almamater itu akan terlihat lebih bagus dipakai olehku yang memang memiliki tubuh yang tinggi, 180 cm. Badanku sedikit gempal tapi tetap tidak mengurangi kharismaku. Senior itu sudah ngoceh tidak karuan selama beberapa menit, karena aku sedang asik melihat tanda pengenal yang baru kubuat tadi pagi.

NAMA                  : AGUS RYANDI PUTERA

FAKULTAS           : SASTRA

JURUSAN            : SASTRA INGGRIS

UNIVERSITAS GUNADARMA

2007/2008

“Hei, Kamu!!”. Oh tidak, senior itu memanggilku. Aku tidak menjawab apa-apa.

“Kamu dengerin yang saya omongin tadi gak?”. Kata si senior itu.

Belum sempat aku menjawab, senior itu memerintahku untuk push-up sebanyak dua puluh kali. Uhh, pagi-pagi begini sudah disuruh push-up. Mahasiswa lainnya sudah disuruh pergi menuju kelompok mereka masing-masing. Aku masih di hitungan ke-8.

Setelah selesai, aku pun juga disuruh pergi ke kelompokku. Saat itu aku tidak sadar, bahwa itu adalah awal mula kisahku, Yanto.

Comments»

1. Your Dad - June 28, 2010

penasaran menunggu kelanjutan series ini … kok nggak ada sih? nggak macet kan? hope so!


Leave a Reply

